by

Pemuda Kelurahan Baru dan Kelurahan Reo Jadi Pelopor Utama Pembangunan Kampung Wisata di Reok

-Lainnya-574 views

Ruteng, Kabarsebelas.com – Para Pemuda asal Kelurahan Baru dan Kelurahan Reo Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) rupanya menjadi pelopor utama pembangunan Kampung Wisata yang terletak di Pantai Nanga Banda.

Hal ini dikatakan Kordinator Pemuda Kelurahan Baru, Arnoldus Runtuh saat ditemui media ini di kediamannya, Kamis 25 Februari 2021.

Arnol mengaku bahwa pihaknya menjadi orang pertama yang menggagas pembangunan Kampung Wisata di Pantai Nanga Banda itu.

Dikatakannya, gabungan para Pemuda dari dua Kelurahan mampu membuat Pantai Nanga Banda yang dulunya terlihat kumuh menjadi bersih dan indah. Sangat cocok kalau dijadikan Kampung Wisata Baru.

Ia juga mengisahkan awal mula munculnya ide tersebut berawal dari niat baik para Pemuda Kelurahan Baru yang ingin menata kembali Pantai Nanga Banda menjadi lebih indah sehingga bisa menarik perhatian pengunjung.

Selain niat baik ada juga rasa cinta yang terpatri didalam diri para Pemuda untuk mengembangkan potensi yang ada di Pantai Nanga Banda.

Arnol mengisahkan bahwa pada Bulan Agustus tahun 2020 lalu ia bersama dua rekannya turun ke Pantai Nanga Banda untuk membersihkan sampah-sampah dan kotoran.

“Dulu Kami hanya bertiga. Terus Pantai itu Kami bersihkan dengan alat seadanya. Semua sampah dan kotoran hewan Kami buang dan tampung di satu tempat” kata Arnol.

Pengerjaan itu, kata Dia, berlanjut terus sampai ke Bulan September bahkan sampai Bulan Oktober. Para Pemuda dari Kelurahan Reo pun diajak gabung untuk bekerja sama menata kembali Pantai Nanga Banda itu.

Memasuki Bulan Nopember, katanya lagi, para Pemuda Kelurahan Baru dan Kelurahan Reo bersepakat membuat Jembatan penghubung sekitar kurang lebih 100 meter untuk mempermudah para pengunjung yang datang ke Pantai Nanga Banda.

“Jembatan tersebut dibuat supaya pengunjung lebih mudah masuk” kata Arnol.

Ia menambahkan, alat dan bahan yang digunakan untuk membuat jembatan dan membuat akomodasi-akomodasi lain didatangkan dari para Pemuda itu sendiri, bukan dari pihak lain.

“Semua alat dan bahan Kami siap sendiri, mulai dari bambu, paku, gergaji, kayu dangka, ban, balok, papan sampai alat-alat kecil lainnya” pungkas Arnol.

Lebih lanjut Mantan Ketua Laskar 88 Kelurahan Baru ini menuturkan, Pantai Nanga Banda memiliki banyak sekali potensi Sumber Daya Alam yang layak untuk dikembangkan menjadi Kampung Wisata sehingga salah satu tujuan utama para Pemuda menata kembali Pantai Nanga Banda itu adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan masyarakat.

“Kalau sudah finishing 100 persen kami yakin orang bisa datang menikmati keindahan Pantai Nanga Banda. Disitu kita bisa memberlakukan karcis masuk, terus orang juga bisa datang nyanyi, konser, jual-jualan, foto-foto dan lain sebagainya” ungkap Arnol.

Dia berharap kerja sama ini terus terjalin agar potensi-potensi yang bisa dijadikan untuk hal berguna dapat semakin ditingkatkan.

Karya para Pemuda itu pun mendapat dukungan penuh dari Polsek Reo, Koramil Reok, Pemerintah setempat, DPRD dan Tokoh-tokoh Masyarakat, bahkan para Pemuda dari Kelurahan Reo, Kelurahan Wangkung dan Lingkungan Anak Reok (Lingkar) juga turut ambil bagian menata kembali Pantai Nanga Banda menjadi Kampung Wisata. (Berto Davids)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

  1. Feel ‎comfortable‎, quality‎ is very good, ‎workmanship‎‎ is very particular, ‎fabric‎‎‎ is very comfortable to wear,‎‎the size‎ is right, not wrong. ‎Clothes‎ The quality is very good, the workmanship is fine, the fabric feels comfortable, there is no color difference, and the body fits well, the material is not wrong, it is worn in ‎‎I am very comfortable on the body, ‎cutting‎, workmanship‎ is very careful, ‎no, tall, ‎‎but looking at ‎very simple, clean and big ‎that kind of ‎, very satisfied.

News Feed