by

4 Rumah Warga di Reok Manggarai Dilalap Api, 2 Diantaranya Ludes

-Lainnya-394 views

Ruteng, Kabarsebelas.com – Sebanyak 4 Rumah Warga di Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilalap api pada Jumat 05 Maret 2021 sekitar Pukul 14.15 Wita.

Kejadian tersebut terjadi di Lingkungan Bari, Kelurahan Reo, Kecamatan Reok.

Pantauan kabarsebelas.com di lokasi kejadian, dari 4 Rumah tersebut 2 diantaranya ludes terbakar sedangkan 2 Rumah lainnya terkena sambaran api.

Warga sekitar dibantu TNI/Polri berhasil memadamkan api yang merambat ke dua Rumah.

Selain membantu memadamkan api TNI/Polri yang berada di lokasi kejadian juga turut membantu mengevakuasi Pemilik Rumah dari lokasi kebakaran. Warga sekitar pun turut bergotong royong membantu memadamkan api dengan air dari sambungan selang dan air dari Rumah Warga.

Api baru berhasil dipadamkan sekitar Pukul 16.00 Wita.

Diketahui 2 Rumah yang ludes itu masing-masing Rumah milik Ibu Jenibah Pateri seorang Janda dan Rumah Bapak Wahyono seorang Pedagang Pakaian. Sedangkan dua Rumah tersambar api yang berhasil diselamatkan itu masing-masing Rumah milik Bapak Wahyun seorang Pedagang Ikan dan Rumah milik Ibu Yetni Rafles.

Semua Perabot dan barang hiasan milik Bapak Wahyono dan Ibu Jenibah Pateri yang Rumahnya Ludes itu nyaris tak terselamatkan. Ijasah sekolah dan dokumen kependudukan lainnya diduga juga ikut terbakar. Sedangkan Perabot Rumah milik Bapak Wahyun dan Ibu Yetni Rafles yang tersambar api terlihat berantakan dan rusak. Dinding dan Atap Rumah juga ikut hancur.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran itu. Namun api diduga bersumber dari salah satu pemilik Rumah yang ludes.

Sampai saat ini keempat Pemilik Rumah itu pun belum bisa memberikan keterangan ke media.

Data yang dihimpun kabarsebelas.com dari Sekretaris Kecamatan Reok, Ahmad Pahu bahwa total kerugian dari Bapak Wahyono yang Rumahnya ludes itu dapat diperkirakan mencapai 150 juta. Sedangkan total kerugian Ibu Jenibah Pateri dapat diperkirakan mencapai 75 juta.

Sementara itu Lurah Reo, Theobaldus Junaidin saat dimintai keterangan mengatakan bahwa pihaknya akan melaporkan kejadian ini ke dinas terkait.

Selain itu, kata Dia, pihaknya juga akan membuat aksi menggalang solidaritas bantuan dari segenap Masyarakat Kecamatan Reok untuk meringankan beban keluarga yang terkena musibah kebakaran. Menurutnya aksi penggalangan dana merupakan bentuk tanggap darurat yang dilakukan oleh Pemerintah setempat.

Ia pun berharap agar Pemerintah Kabupaten Manggarai segera mungkin menyiapkan kendaraan pemadam kebakaran untuk menanggulangi setiap keadaan darurat yang terjadi.

“Semoga kedepan ada kendaraan Tangki Air di Reok dari Pemda Manggarai yang dapat difungsikan untuk menanggulangi kebakaran dan keadaan darurat” kata Junaidin. (Berto Davids)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed