by

Pemdes Rangdumulya Laksanakan Bimtek Pemutahiran Data SDG’s

Karawang, Kabarsebelas.com – Pemerintah Desa Rangdumulya, Kecamaman Pedes, Karawang melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pemutahiran data Sustainable Development Goals (SDG’s) dan Indeks Desa Membangun (IDM) di aula Desa Rangdumulya, Sabtu (10/4/2021).

Bimtek tersebut diikuti oleh para relawan pendataan yang dibentuk oleh Kepala Desa.

“Data ini sangat penting bagi desa karena akan memotret desa apalah desa tersebut nantinya masuk dalam kategori desa tertinggal, berkembang, maju atau mandiri,”kata Ade Permana, Pendamping Desa Kecamaman Pedes.

Pelatihan ini diikuti 12 orang yang terdiri pegawai desa dan masyarakat. Bimtek ini difasilitasi oleh tenaga pendamping profesional kecamatan Pedes dan instruktur dari tenaga ahli Kabupaten Aat Safaat.

“Nantinya relawan tersebut mendata door to door ke setiap warga di masing masing Kecamaman menggunakan kuisioner dan diinfut lewat aplikasi SDG’s menggunakan handphone android,”jelasnya.

Lanjut Ade, pemuhtahiran data berbasis SDG’s adalah pemuhtahiran data IDM yang lebih detail, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak.

“Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, Keluarga, dan warga,”katanya.

Kemudian kata Ade, untuk Pokja relawan pendataan desa ini merujuk kepada Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi nomor 21 tahun 2021 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Pokja Relawan Pendataan Desa
Yang terlibat dalam pendataan ini dari unsur pemdes dan unsur masyarakat yang mana di Pokja relawan ini di SK kan oleh kepala desa.

“Untuk kegiatan ini dimulai dari tanggal 1 Maret sampai 31 Mei 2021,”tukasnya.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed