by

Sengketa Tanah Aset Desa Gunungwangi, Pemkab Majalengka Diminta Turun Tangan

Majalengka, Kabarsebelas.com – Pemerintah Kabupaten Majalengka diminta untuk menyelesaikan sengketa tanah aset desa yang menjadi milik pribadi.

Pemerintah Desa Gunungwangi, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka berharap ada kejelasan dan kepastian terkait dugaan kepemilikan tanah aset desa atau bengkok. Pasalnya, tanah aset desa tersebut sudah puluhan tahun menjadi milik pribadi.

Kepala Desa Gunungwangi, Saeful Uyun MA, S.IP membenarkan bahwa diatas lahan tersebut telah menjadi lahan pribadi. Bahkan berdiri kokoh bangunan yang permanen. Pemilik mengklaim itu miliknya tanpa disertai bukti kelengkapan dokumen yang jelas.

“Jika dilihat berdasarkan keterangan dari data arsip desa lalu diperkuat oleh para tokoh masyarakat menjelaskan sekaligus membenarkan kalau tanah yang letaknya diseputaran kantor desa adalah masih aset milik desa,” katanya, Jumat, (23/04/2021)

Masih katanya, langkah dan upaya guna lebih memastikan prihal sengketa ini, langkah koordinasi ke pihak terkait tetap akan dilanjutkan. Karena pemerintah desa ingin memanfaatkan lahan itu untuk keperluan dalam membangun desa.

“Persoalan ini telah ada sebelum saya menjabat sebagai kepala desa, bahkan sudah beberapa kali pergantian kepala desa. Jika diperkirakan telah puluhan tahun lamanya,” ungkapnya.

Diakhir dia berharap agar Pemkab Majalengka dapat meninjau langsung sekaligus menindaklanjuti persoalan ini hingga tuntas.(Sigit/red)

News Feed