by

Dosen Unsika Berdayakan Masyarakat Budidaya Kedelai Dilahan Kering

Karawang, Kabarsebelas.com – Sejumlah Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat petani.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk mentransfer pengetahuan dan teknik budidaya kedelai dilahan kering berbasis pupuk organik kepada kelompok tani Sri Asih Desa Lemahmulya, Kecamatan Majalaya, Karawang, pada September 2020 lalu.

“Kegiatan ini bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi dimana salah satunya yaitu pengabdian kepada masyarakat. Kami mengajak kelompok tani untuk budidaya kedelai dilahan kering dengan pupuk organik,”ujar Darso Sugiono, Ketua Tim Pengabdian Dosen Unsika, Senin 26/4/2021.

Lanjut Darso, pihaknya kali ini mencoba mendatangi kembali kelompok tani yang diajarkan teknik budidaya kedelai dilahan kering dengan pupuk organik. Kedatangannya untuk memastikan pengetahuan yang sudah ditransfer kepada kelompok tani tersebut agar program tersebut terus dilanjutkan.

“Kami berharap program ini terus berlanjut. Kami juga sudah koordinasi dengan penyuluh agar program ini bisa dilanjutkan oleh Dinas Pertanian setempat,”katanya.

Target luaran dari kegiatan pelatihan pemanfaatan lahan kering dengan teknik budidaya kedelai berasis pupuk organik adalah memfasilitasi transfer teknologi berupa pembuatan pupuk organik dalam budidaya kedelai di lahan kering ke kelompok tani pengguna.

Selain itu, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatan lahan kering untuk kegiatan produktif sehingga bernilai ekonomis.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman serta penguasaan teknologi mulai dari persiapan lahan, pembuatan pupuk organik, penanaman, pemeliharaan, dan panen, diharapkan menjadi peluang usaha baru bagi kelompok tani penyedia produk tanaman pangan yang berkualitas, gizi tinggi, dan aman dikonsumsi sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diketuai oleh Darso Sugiono, SP., MP Fakultas Pertanian, Sugiarto, Ir., MM Fakultas Pertanian, dan Jaenal Abidin, S.Pd.I., M.Pd.I serta dibantu oleh beberapa orang mahasiswa.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed