by

Rahmat Toleng Minta Disnakertrans Jabar Untuk Terus Monitor Soal Kasus PT. AJS

Bandung, Kabarsebelas.com – Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Jawa Barat Rahmat Hidayat Djati (RHD) meminta Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat untuk turun tangan mengatasi persoalan kasus PT. Anugrah Jaya Sedaya (AJS) yang tidak membayar gaji karyawan selama Tujuh bulan.

Setelah mendapat permintaan dari Ketua Komisi II DPRD Jabar, Kepala Disnakertrans Jawa Barat merespon persoalan PT. AJS dan sudah mengintruksikan kepada UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah II Kabupaten Karawang untuk segera memproses laporan laporan soal PT. AJS.

“Sudah ditangani pak Ketua. Selanjutnya, sudah digelar rapat kordinasi bertempat di Disnakertrans Kabupaten Karawang yang dihadiri unsur Polres, UPTD II, Disnakertrans Kabupaten Karawang dan Satpol PP terkait permasalahan dimaksud,”ujar Rahmat Hidayat Djati, mengutif jawaban Kepala Disnakertrans Jabar, Selasa 27/4/2021.

Adapun hasil laporan pemeriksaan khusus PT. AJS dari Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah II yakni bahwa perusahaan telah pindah tempat dari samping gudang KPU ke Kawasan Universal Desa Anggadita, Klari, Karawang.

Kemudian pengawas telah menemui Saudara Karma Dinata yang mengaku sebagai Manager HRD dan hasilnya ialah belum menunjukkan wajib lapor ketenagakerjaan, belum dapat memperlihatkan buku upah dan dari awal upah belum diberikan, belum dapat memperlihatkan bukti pendaftaran BPJS ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan, belum dapat memperlihatkan perjanjian kerja secara tertulis namun telah menunjukkan tanda terima pengurusan pencatatan perjanjian kerja dan tanda terima pengurusan peraturan perusahaan. Dari keterangan manager HRD operasional perusahaan dimulai tanggal 25 Januari 2021 namun upah tidak dibayarkan, dari hasil pemeriksaan lapangan terdapat karyawan ada sebanyak kurang lebih 300 orang namun terlihat tidak melakukan pekerjaan, dan manager HRD janji untuk datang ke kantor UPTD wilayah II untuk membawa dokumen namun pada waktu yang ditentukan tidak datang.

“Itu kata Kepala Dinas kepada kami,” kata Rahmat yang juga Ketua DPC PKB Karawang.

Kemudian diakhir Rahmat yang merupakan anggota DPRD Jabar dari dapil Karawang, Purwakarta mengatakan telah meminta kepada Kepala Disnakertrans Jabar untuk terus memonitor kasus PT. AJS.

“Mohon bantu monitor,”kata Rahmat kepada Kadis Disnakertrans Jabar.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed