by

Kapolda Jabar Pantau Langsung Pos Penyekatan di Karawang

Karawang, Kabarsebelas.com – Skema filterisasi penyekatan pemudik yang dilakukan jajaran Polres Karawang di Pos Sekat Tanjungpura Karawang, dipantau secara langsung oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri.

Langkah tersebut, dilakukan polisi guna mengantisipasi penerobosan secara paksa oleh pemudik akibat penumpukan kendaraan yang tidak bisa bergerak, Senin (10/05/2021) malam.

“Kalau tadi itu kan, dua arah disini stuck (tidak bisa bergerak), jadi sekarang ini sudah kita loloskan sementara sehingga arus lalin di dua arah jalur arteri Karawang-Bekasi, sudah bisa lancar lagi,” ungkap Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri kepada awak media di Pos Sekat Tanjungpura Karawang, Selasa (11/05/2021) dinihari.

Penerapan skema filterisasi yang juga bertujuan untuk mengurai penumpukaan kendaraan pemudik, kata dia, para pemudik terpaksa diloloskan lantaran situasi dan kondisi di dua arus lalulintas (lalin) di Jalur Arteri Karawang-Bekasi, dipadati oleh iring-iringan kendaraan roda dua (R2) dan roda empat (R4) para pemudik.

“Jadi cara bertindak (CB)-nya kita (melakukan skema filterisasi penyekatan pemudik, red) adalah seperti itu.  Karena kalau kita tetap paksakan stuck, dua arah ini jadinya adu kebo (tidak bisa jalan sama sekali). Sehingga kita atur sedemikian rupa (dengan menerapkan skema filterisasi, red),” jelas Dofiri.

Kendati diloloskannya para pemudik yang melintas Pos Sekat Tanjungpura tersebut, Dofiri memastikan para pemudik tersebut akan diputarbalikan oleh personil yang berada di pos-pos sekat lainnya.

“Nah sekarang sudah kita loloskan dan memang kita loloskan, sehingga arus lalin di dua arah juga sudah bisa lancar. Namun kita pastikan, mereka akan diputarbalikan kembali ke arah Karawang untuk mengarah ke Bekasi,” terangnya.

Artinya, kata Dofiri, para pemudik yang lolos ini belum tentu bisa lolos saat melintasi pos-pos penyekatan yang berada di wilayah hukum Polda Jabar.

“Lolos disini, bukan berarti bisa bebas di pos lainnya. Akan tetapi, pos sekat yang nanti akan kita perkuat lagi, pemudik itu akan memutarbalik sat tiba di pos-pos yang ada di wilayah hukum Polda Jabar,” tegasnya.

“Nanti kita akan perkuat pos yang ada di Patok Beusi Subang. Kita sudah berkoordinasi dengan Kapolres Subang disana ya, dan disana juga sudah melakukan penyekatan,” ungkap Dofiri lagi.

Lebih jauh, sebenarnya Dofiri telah mempersiapkan tiga titik penyekatan yang menjadi titik prioritasnya untuk memutarbalikan pemudik.

“Yaa selain pada titik sekat seperti di Tanjungpura Karawang, juga ada di Patok Beusi, Kabupaten Subang, di daerah Patrol Kabupaten Indramayu, sama di Cirebon,” ujarnya.

Di informasikan, Kapolda Jabar, Irjen Pol Ahmad Dofiri setibanya di Pos Sekat Tanjungpura Karawang sekira pukul 23.00WIB, Senin (10/05/2021) malam, melakukan pemantauan pelaksanaan dan penerapan skema filterisasi hingga pukul 03.00WIB, Selasa (11/05/2021) dinihari.

Selain itu, Rombongan Kapolda Jabar juga disambut hangat oleh Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra beserta jajaran PJU Polres Karawang hingga petugas gabungan ayng tergabung dalam Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Karawang.

Berdasarkan pantauan di lokasi, penumpukan pemudik yang didominasi kendaraan R2 ini akhirnya diperbolehkan jalan tanpa ada pemeriksaan apapun dampak dari diloloskannya para pemudik di Pos Sekat Kedungwaringin, Bekasi. (Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

  1. hello!,I really like your writing so much! percentage we keep in touch extra approximately your post on AOL? I need a specialist in this area to solve my problem. May be that is you! Taking a look forward to look you.

News Feed