by

Korban Keracunan Gas Coustic soda PT. Pindo Delli, Tiga Warga Masih Dirawat di Rumah Sakit

Karawang, Kabarsebelas.com – Puluhan warga Desa Kuta Mekar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, yang menjadi korban keracunan gas coustic soda (gas klorin) diduga dari PT. Pindo Deli Pupl and Paper Mills (PT.Pindo Deli 2) sudah kembali ke rumah masing masing.

Hanya tinggal Tiga orang korban lainnya yang masih dalam perawatan medis secara intensif di RS Rosela Karawang.

Sebelumnya Puluhan warga Kita Mekar dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan medis akibat keracunan gas coustic soda.

Hal tersebut diungkapkan Humas PT. Pindo Deli 2, Andar Tarihorang yang dihubungi melalui telepon selularnya, Minggu (06/06/2021).

“Totalnya ada 33 warga yang dilarikan ke rumah sakit. Berdasarkan data terakhir, ada 3 orang warga yang masih dirawat di RS Rosela. Satu orang lagi merupakan karyawan kami di PT. Pindo Deli. Kami menjamin seluruh biaya perawatannya, ditanggung oleh perusahaan kami,” ungkap Andar.

Menurutnya, saat terjadi kebocoran tabung gas klorin pihaknya bukan hanya melakukan pengamanan pabrik, tapi juga penanganan korban kebocoran. Terutama warga sekitar yang terdampak kebocoran.

“Ada 33 orang dari warga sekitar yang kami larikan ke rumah sakit. Tapi sekarang hanya tersisa 3 orang, karena kondisi yang lainnya sudah dinyatakan membaik oleh tim medis di RS Rosela,” ujarnya.

Selain itu, kata Andar, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang yang memberikan respon cepat saat pabrik kertas ini dilanda musibah. Salah satunya ialah memberikan arahan dalam menangani korban hingga mempersiapkan rumah sakit untuk menangani korban.

“Saat kejadian, kami sedang panik. Dan mereka sudah menyiapkan seperti ambulance berikut dengan tenaga kesehatannya untuk membantu para korban,” katanya.

Andar mengaku, pihaknya sudah diminta oleh DLHK Karawang untuk melakukan koordinasi dengan pihak pengirim tabung gas klorin yang menyebabkan kebocoran gas coustic soda dari tabung gas klorin.

“Kedepannya, pengiriman tabung ke PT. Pindo Deli harus sesuai prosedur yang aman. Kami diminta evaluasi dalam pengadaan tabung agar tidak terjadi peristiwa kebocoran yang serupa lagi dikemudian harinya,” pungkasnya. (Not)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. Hi, I think your site might be having browser compatibility issues. When I look at your website in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, fantastic blog!

News Feed