by

Megawati: Kepemimpinan Strategik Tak Hanya Bicara Keberhasilan Masa Lalu, Tapi Masa Kini dan Tanggung Jawab Masa Depan

Jakarta, Kabarsebelas.com – Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri, resmi diangkat menjadi profesor kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Universitas Pertahanan (Unhan).

Megawati menyampaikan dalam sambutannya bahwa kepemimpinan strategik tidak diukur dari keberhasilan di masa lalu. Namun harus berkorelasi dengan masa kini, sekaligus melekat tanggung jawab untuk masa depan.

“Kepemimpinan Strategik tidak hanya diukur dari keberhasilan kepemimpinan di masa lalu, namun juga berkorelasi dengan saat ini, dan melekat dengan tanggung jawab pemimpin bagi masa depan,” kata Megawati pada orasi ilmiah pengukuhan gelar profesor kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Jumat (11/6/2021).

“Di sinilah keberhasilan kepemimpinan Strategik harus mampu menghadirkan keberhasilan yang linear di masa lalu, masa kini, dan keberhasilan di masa yang akan dating,” beber Megawati.

Megawati lalu menjelaskan bahwa dalam perspektif kekinian, kepemimpinan Strategik setidaknya dihadapkan pada tiga perubahan besar yang mendisrupsi kehidupan manusia.

Pertama adalah perubahan pada tataran kosmik sebagai bauran kemajuan luar biasa ilmu fisika, biologi, matematika, dan kimia. Hal ini memunculkan teknologi baru yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya seperti rekayasa atomik.

Kedua, revolusi di bidang genetika, yang bisa mengubah keseluruhan landscape tentang kehidupan ke arah yang tidak bisa dibayangkan dampaknya, manakala perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut dijauhkan dari nilai kemanusiaan.

Ketiga adalah kemajuan di bidang teknologi realitas virtual. Di mana seseorang dapat menikmati pengembaraan ke seluruh pelosok dunia bahkan ke luar angkasa tanpa meninggalkan rumahnya sama sekali.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments

  1. I and my friends happened to be reviewing the good tips located on the website and then instantly I got an awful feeling I had not thanked the web site owner for those secrets. My ladies are actually certainly glad to study all of them and already have very much been making the most of them. I appreciate you for genuinely simply kind and for deciding upon some good themes most people are really wanting to know about. My very own sincere regret for not expressing appreciation to you earlier.

News Feed