by

Bupati Karawang Bentuk Tim Khusus Cegah Covid-19 Varian Delta

Karawang, Kabarsebelas.com – Usai 21 warga di Kabupaten Karawang terinfeksi virus Corona varian Delta, Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana langsung menginstruksikan jajarannya untuk tegas dan serius menghadapi pandemi COVID-19 dengan membentuk tim khusus.

Hal itu diungkapkan saat rapat bersama Dandim 0604 Karawang, Kapolres Karawang, Asisten Daerah III, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kominfo dan para camat di Gedung Singaperbangsa Karawang, Senin (21/06/2021) malam.

Bupati Cellica menyampaikan jika saat ini kasus harian COVID-19 di Karawang, mengalami lonjakan yang cukup tinggi ditambah dengan ditemukannya virus Corona varian Delta yang menyasar 21 warga di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang.

“Kasus varian Delta ini, harus menjadi perhatian utama kita semua. Tingkat keterisian bad di rumah sakit juga penuh,” ujar Bupati Cellica dihadapan sejumlah pejabat Pemda Karawang.

Atas dasar tersebut, kata Bupati Cellica, menjadi fokus utama pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona di Karawang.

“Virus ini diketahui memiliki penyebaran dan penularan 60 persen lebih cepat dibanding varian lainnya,” paparnya.

Oleh karena itu, sambung dia, jika ditemukan kasus terkonfirmasi di satu RT, maka lingkungan tersebut harus segera karantina mandiri.

“Hal itu perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya klaster wilayah di tingkat RT,” tegasnya.

Disamping itu, anyaknya warga yang kini tengah melaksanakan isolasi mandiri di rumah, juga harus mendapat perhatian. Tak hanya kebutuhan obat-obatan dan pengawasan Satgas Desa, namun masyarakat yang isolasi mandiri juga harus mendapatkan bantuan kebutuhan pokoknya.

Karenanya, Bupati Cellica juga menginstruksikan agar sosialisasi dan edukasi agar masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 5M di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa, untuk terus ditingkatkan kembali.

“Koordinasi dengan pihak RS di seluruh Kabupaten Karawang untuk memastikan ketersediaan tempat rawat pasien dan oksigen di ICU juga harus diperkuat,” tegas Bupati lagi.

Tak hanya itu, para camat juga diperintahkan agar segera membentuk tim untuk vaksinasi, Tracing, Treatment (perawatan) dan tim pemulasaran jenazah.

“Sementara, Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang melalui Puskesmas agar memastikan kesiapan alat pelindung diri (APD), tes cepat antigen, peti mati serta obat-obatan yang dibutuhkan oleh pasien COVID-19 agar dapat terpenuhi dengan baik,” tandasnya. (NOT)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 comments

News Feed