by

Polres Karawang Pastikan Harga Obat Normal Disetiap Apotik di Karawang

Karawang, Kabarsebelas.com – Guna mengantisipasi terjadinya lonjakan harga obat di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) selama masa pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM Darurat, Sat Res Narkoba Polres Karawang melakukan pengecekan dan pengawasan terhadap harga obat di sejumlah apotek di Kabupaten Karawang.

Berdasarkan data yang diperoleh, harga sejumlah obat masih dalam taraf yang relatif normal. Meski demikian, ada juga obat-obatan yang kosong disejumlah apotek di Karawang yang terdiri dari Favipiravir tablet, Remdevisir vial, Oseltamivir kapsul, Intravenous vial, Ivermectin tablet hingga Azitrhomycin tablet.

“Kita telah turun kelapangan untuk memantau langsung, sedikitnya ada 15 apotek di Karawang yang sudah dicek harga eceran tertinggi obatnya. Pengecekan tersebut dilakukan secara random atau acak,” kata Kapolres Karawang, AKBP Rama Samtama Putra melalui Kasat Res Narkoba Polres Karawang, AKP Aji Setiaji kepada wartawan, Rabu (07/07/2021).

Dikatakannya juga, pengecekan ini dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan (Kemenkes) RI tentang harga eceran tertinggi obat-obatan di masa pandemi Covid-19 berikut dengan penerapan Pemberlakuan Pembatas Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Kami melaksanakan kegiatan ini untuk menindaklanjuti perintah Kapolri, Kabareskrim, Kapolda Jabar beserta Kapolres Karawang. Serta Keputusan Menkes/4826/2021 tentang (HET/harga eceran tertinggi). obat dalam masa pandemi Covid-19,” jelas Aji.

Lebih lanjut Aji menuturkan, dengan adanya informasi dari masyarakat soal harga obat yang mengalami kenaikan, pihaknya mengerahkan personel dari tim khusus (Timsus) Sat Res Narkoba Polres Karawang untuk melakukan pemantauan secara langsung.

Setelah di kroscek harga obat masih stabil, adapun ada kenaikan masih normal dan tidak sampai berlipat-lipat harga.

“Kami berpesan kepada penjual obat di apotek-apotek jangan menjual di atas HET. Bilamana ada yang menjual obat melebihi HET sampai berlipat-lipat, silahkan laporkan kepada kami dan akan ditindak secara hukum,” tegas Aji. (Not).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed