by

Peringati Hari Kunjung Perpustakaan 2021, Dispusipda Jabar Gelar Berbagai Kegiatan

Bandung, Kabarsebelas.com – Memperingati Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September 2021, Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan berbagai kegiatan.

Disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat, Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi. MSi. berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk memeriahkan hari kunjung perpustakaan tahun 2021 diantaranya, gebyar perpustakaan keliling, lomba pekan Candil, (Maca Dina Digital Library), Lomba pekan Kolecer (Kotak Literasi Cerdas), workshop keterampilan berbasis bahan perpustakaan, dan webinar transpormasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

“Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan kegemaran membaca dan literasi di kalangan masyarakat, keluarga, anak-anak, pelajar SMP dan SMA,”ujar Dr Ir H Ahmad Hadadi, Selasa (14/9/2021).

Tujuan memperingati Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2021 adalah meningkatkan pemahaman kepada anak-anak, masyarakat, keluarga, dan para pelajar akan pentingnya keberadaan perpustakaan.

“Perpustakaan sebagai pusat peradaban dan sumber kecerdasan, meningkatkan kesadaran masyarakat, keluarga, anak-anak, dan pelajar bahwa membaca dan literasi dapat menjadi jembatan dunia pengetahuan, dan mendorong masyarakat, keluarga, dan para pelajar memiliki kemampuan membaca dan literasi,”jelasnya.

Ahmad Hadadi mengatakan Tema dari Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2021 adalah “Implementasi Perpustakaan Sebagai Pusat Literasi”.

Lanjut Dr. Ahamd Hadadi, gebyar perpustakaan keliling yang dilaksanakan pada tanggal 8 September 2021 lalu diisi dengan lomba mewarnai dan menggambar tingkat TK dan SD kelas 1, yang bertempat di Rumah Susun Ujung Berung.

Adapun, lomba pekan Candil berupa selfie/wifie, resensi buku Candil, dan kritik saran Candil, lomba pekan Kolecer berupa : selfie/wifie, resensi buku Kolecer, dan kritik saran Kolecer, dilaksanakan pada tanggal 4-11 September 2021 lalu.

Sedangkan untuk Webinar “Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial” akan menghadirkan narasumber : Bunda Literasi Jawa Barat Bunda Atalia Praratia Ridwan Kamil, Pejabat dari Perpusnas RI, dan pegiat literasi di Jawa Barat, akan dilaksanakan tanggal 14 September 2021 sebagai puncak Hari Kunjung Perpustakaan Tahun 2021.(red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed